Judgement…?

book-judge-cover_003

Judgement.

Don’t judge a book from its cover. True. But what if it is the way that usually we did?

Well… let’s face it. We judge a book before we know what kind of book it is. We judge people too, even before we know what kind of person they are.

Banyak hal yang bisa dijadikan dasar untuk melakukan judge pada seseorang; first impression is the common. Anda menilai orang dari kesan pertama, memvisualisasikannya dalam pikiran dan membangun benteng pemahaman tentang orang tersebut. Finish.

Admit it, that’s how you judging.

Saya gak menganggap penilaian semacam itu keliru. That’s my way to judge people too. Wajar.

Tapi saat Anda memposisikan diri sebagai observator dari suatu situasi dan akhirnya Anda melakukan penilaian terhadap sifat dan watak seseorang, which your statement is not even true, I can call it as annoying yet irresponsible act.

Wataknya buruk, bla bla bla, ya mesti aja lah bla bla bla.

Berdasarkan apa Anda menilai orang tersebut? Anda menilai berdasarkan kesan yang Anda tangkap dan secara kontinyu Anda jadikan mindset tanpa melihat dari banyak sisi.

You wanna know what the funny thing? You’re not even close to make such a conclusion, girl.

Anda bukan observator, Anda hanya orang asing aka STRANGER. You’re nowhere but outside of the circle so why bother to pretend that you know everything? When actually you know NOTHING?

Anda menulis sebuah kisah, potongan cerita yang pada akhirnya bisa Anda jadikan pelajaran. It’s nice. Tapi gak lagi terasa nice ketika Anda bersikap so-much-sok-tau soal watak seseorang. Saya kenal A, B dan C. Saya kenal mereka semua dan alasan saya menulis di sini adalah saya hanya merasa terganggu dengan fakta bahwa Anda, yang notabenenya gak tau apa-apa, menuliskan potongan pelajaran dari cerita itu seakan-akan Anda-lah yang paling memahami hal tersebut.

It’s annoying to be honest.

Saya tau masing-masing watak dari ketiga orang itu. Saya gak bermaksud memposisikan diri sebagai orang yang juga sok tau, tapi saya merasa agak tergelitik untuk menuliskan apa yang saya rasakan terhadap Anda.

Cara Anda menuliskannya di diary maya, bersikap *maaf* sok bijak dalam mengambil kesimpulan, membuat saya sedikit mengerutkan kening. Judging is your right, I know. Tapi bukankah akan lebih baik jika Anda menyimpan judgement Anda sendiri jika Anda tahu pasti bahwa penilaian Anda akan menyinggung orang lain?

Sejujurnya, saya orang yang gampang offended dengan sesuatu yang menimpa orang di dekat saya. When I know that’s too much, I just can’t stand still and watch. Judge me, I’m that kind of person.

Kesabaran dan kecuekan orang ada batasnya. Batas tiap orang pun berbeda. Sorry to say, tapi saya cukup salut pada Anda yang sudah menghabiskan kedua stok si C karena perilaku Anda. Because she’s not like the other girl.

“Don’t judge a book from its cover.” Kalimat itu bahkan gak bakal eksis tanpa adanya first impression yang keliru.

Awalnya, Anda akan berpikir, wah… dia gitu banget ya ternyata. Then somehow, dia ngelakuin something nice dan akhirnya Anda mengubah mindset Anda tentang dia. Pun dalam kasus sebaliknya. That’s what we called the wrong first impression.

Kalo semua orang punya first impression yang selalu tepat terhadap orang lain, bet ‘Don’t judge a book from its cover’ thingy would never be exist.

Tapi Anda… menginterpretasikan dia sesuai dengan apa yang INGIN Anda pikirkan. Anda membuat mindset sesuai dengan apa yang Anda inginkan. It’s not a wrong first impression, it’s what we called being deaf and blind.

Mengabaikan segala sisi, melihatnya hanya dari sisi yang Anda inginkan. Well… that’s bad, girl. :]

Anggap aja saya cuma sharing, saya sedang merasa terganggu. Thanks!

One thought on “Judgement…?

  1. iya , kebanyakan orang selalu menjudge orang cuman ngeliat dari luarnya aja , yang gak terlalu deket pasti dibilang ini itulah . Siapa yang tau kan , kalau dia nyangkanya orang itu gak baik tapi malahan bisa sebaliknya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s