[310112] Life oh Life

 

 H*O*P*E

“…biasanya kalo di bidang IPS gampang nyari nilainya, dek. Tapi karena kalian di IPA, mungkin buat dapet nilai memang agak susah…”

*sigh*

Itulah kata seorang mahasiswi FISIP angkatan 2007 ato 2008 pas ngasih materi di acara ospek jurusan. Mbak itu… luar biasa yah jujurnya. Syuda tau lagi ngasih materi ke anak-anak Teknologi Pangan, which is lahannya science aka IPA, tapi ngomongnya malah makin bikin down~

Waktu itu bukannya aku gak tau, tapi yah aku pikir gak sesusah itu lah. *songong naudubilah*

Tapi ternyata… YESSEU! Mengais-ngais nilai supaya IP tembus 3 di bidang IPA adalah hal yang… WOW! Sulit. *hening*

Pantesan jaman kelas 3 SMA dulu guru-guru sering bilang, “Kalian ini kalo gak bisa IPA ngapain masuk IPA? Toh nanti pas kuliah pada lari ke IPS.”

Well, yesseu, itu juga bener. Temen-temenku yang, sorry, IPAnya gak begitu kuat, pasti masuknya ke jurusan IPS pas kuliah. Gak nyalahin mereka sih, toh mungkin memang kemampuan mereka lebih menonjol ke sana.

Nyehehehe~ kaya aku juga, aku sebenernya pingin ke akuntansi. xD Tapi gak kesampean karena syuda dapet di Teknologi Pangan ini.

Nyesel kah?

Kalo diliat dari sudut pandang tertentu, YESS! Sangat menyesal!

Tapi begitu dilihat dari sudut pandang laen, ah gak juga sih.

Poin pertama: ilmu dan teknologi pangan itu IPA. Gak sia-sia lah ilmu IPAku 3 tahun di SMA.

Poin kedua: ini metode yang paling sering aku pake; comfort my own self dengan kalimat, “Sudah banyak sarjana ekonomi, ngapain aku nambahin diri sendiri?”

Dan poin ketiga: prospek ilmuku cukup bagus kok. Produksi pangan, makanan, nutrisi pangan dll. Manusia selalu butuh pangan. As long as people keep eating, I can be around em. Sesederhana itu. xD

Sebenernya, aku termasuk murid yang… tidak begitu bisa IPA. HA HA HA~ Cuma mengandalkan kesukaan pada Biologi serta kemampuan Fisika yang gak jelek-jelek banget, akhirnya masuklah aku ke lingkungan science di lingkungan kampus.

Tersesat?

Beberapa temenku yang masuk di lingkungan yang sama *entah di fakultasku ato fakultas science lain, bahkan ada anak di IPS* mengaku salah alamat. Dan bahkan ada yang bertekad bulat buat pindah fakultas.

Aku sendiri… sama sekali gak berpikir ke sana; salah tempat, pingin pindah fakultas ato lain-lain. Selama tiga bulan pertama, yang aku tahu adalah aku harus kuliah yang bener. Serap ilmunya, amati praktiknya, dan jalani semuanya.

Dan hidupku tetap seperti itu sampe seorang temenku bener-bener selalu mensugesti tentang pindah fakultas dan keuntungannya.
-___-

Nah, mungkin dari sanalah konsentrasiku mulai pecah, terbagi, acak-acakan.

Aku jadi gampang ngeluh kalo ada yang sulit. Praktikum yang gini lah gitu lah. Semua, yang sama sekali bahkan gak pernah terlintas di pikiranku, jadi keluar dari mulutku. Meluncurlah pikiran-pikiran yang ujung-ujungnya pasti ke arah KELUHAN.

Kadang, aku malah lupa buat meyakinkan diri bahwa jalan yang lagi aku ambil ini lho gak jelek. Kadang, justru muncul bayangan-bayangan, seandainya aku di akuntansi.

Pingin ke akuntansi tapi kenapa aku masuk IPA?

Karena… aku sangat sangat sangat lemah di SOSIOLOGI, GEOGRAFI, dan SEJARAH. +____+

Yang bisa aku bilang, aku lebih syuka berurusan sama hal lain SELAIN hapalan. *jedot-jedotin pala*

Dan waktu itu, pas penjurusan, taun di atasku itu anak-anak IPAnya dapet mulok Akuntansi. Aku mikir, WAH! Bisa nih masuk IPA tapi juga dapet akuntansi. Bayangin betapa senengnya aku waktu itu. VOILLA~ aku milih ambil IPA pas penjurusan.

Tapi yah… ternyata berbeda untuk taunku. Selama kelas 2 SMA sama sekali gak ada akuntansi. Cuma di kelas 3 aja baru dikasih akuntansi. ;:_________;;

Well.. selama dua tahun itu teteup gak berubah, aku pingin ngambil akuntansi pas kuliah. :3

Eniweii, seiring berjalannya waktu *ciyee~* ternyata ada jalan lain yang dibuka. Di Undangan keterima di teknologi pangan. Yah… ini kesempatan yang waktu itu gak didapat banyak temenku.

As time goes by *cikiciw~* kehidupan ala kampus dimulai. Berjalan sebagaimana harus berjalan. Aku gak pernah ngeluh, sumpah. Tapi ya itu sebelum pencucian otak soal pindah-pindahan, soal kamu-harusnya-di-akuntansi yang dilakuin temenku.

Dan semakin lama, aku malah makin suka ngeluh. Hh…

Contoh yang buruk karna bisa memecah konsentrasi dan merusak tujuan berkuliah yang benar.

Yang patut disyukuri walaupun nilai matematika yang ‘indah’ sekali serta kimia yang lumayan adalah: IP tetep nembus 3. Alhamdulillah banget sih masih bisa ngambil 24 SKS dan 7 mata kuliah wajib. Soalnya yang aku takutkan adalah IP kurang dari 3, dan cuma bisa ngambil 21 SKS which is itu bakal ngehambat pertumbuhan (?) hidupku di kampus.

Kalo kata Mom alias Kyuhyo-nim: Dicoba lagi semester depan, balas dendam. Harus optimis !

Arasseoyo~ FIGHTING buat semester selanjutnya! Jangan IP mepet 3 lagiii!!

-Keluhan hati seorang makhluk kampus-

PS: terima kasyih buat Shin Kyuhyo-nim yang sudah bersedia diganggu oleh suara sesenggukan yang indah sekali malam itu.😉

21 thoughts on “[310112] Life oh Life

  1. baca postingan ini saya jadi inget pas awal kuliah yang hampir 6 tahun lalu,, *hmmm jadi inget umur..

    Sempet jg galau ngerasa terjerumus soalnya sya masuk pend.matematika..
    Hmmm..

    Tp sekarang, saya bersyukur bgt lo bs di mtk itu, bnyk peluangnya, jd pas keluar alhmdulilah..lgsg dpt kerja..

    Itu shela *maaf sksd..
    Ipknya nembus 3, nah sya pas awal.. Gkgkgk..

    Kalo sy mw sok dewasa blajar dr pengalaman, kita harus istiqomah aja, jg dengerin orang2 yg sesat.. Gkgkgk..
    InsyaALLAH jalan k dpanya dimudahin, toh yang ngatur kan yg di atas..
    Gak mungkn qt tb2 tersesat msuk situ, kalau bukan kehendak-Nya..

    Hehe maaf kalu sy sok.. Maklum umur yg udah tua.. Hahaha…

    Semangat ya shela..

    • Waaaahh~ senengnya ada yang mau berbagi pengalamann. ^-^
      makasih banyak buat pelajarannya.😉 Mulai sekarang mau lebih fokus, mengurangi keluhan2 gak penting dan berusaha lebih sabar~ ><

      SEMANGAAAAAATT, KAKAAAAKK~ ^O^9
      Terima kasyiiiihhh~ *bow*

  2. hal yang perlu dipikirkan kalo mau pindah fakultas :
    1. Biaya (pasti lebih……………………………….. /itung pake kalkulator0
    2. Ikut ospek lagi (mom mah ogah)
    3. Ikut student day lagi (apalagi ini..)
    4. Ga bisa ketemu mas Y yg entah bagaimana wujudnya.
    5. Ntar ga ketemu ama dua gadis ftp yg ajaib itu~
    mau ?

    prinsip mom sih, kalo dlm hal memilih jurusan dan fakultas, berasa ketemu jodoh.berasanya udah di tentuin sama ALLAH (:
    ya kali kali pas kuliah ktmu jodoh juga (?)😄
    /setuju deh sama komen si kakak :3/

    berjuanglah nak /tepok2/
    mom pun harus berjuang keras smstr dpn krna ngambil full juga.
    ketahuilah nak, dapet IP 3 itu memang susah, tapi menjaga IP tetap stabil dikisaran angka 3,5 itu jauh lebih susah /curcol/ :p

    p.s : jipoo-ssi, klo sekiranya sesegukannya lama, nelponnya pagi aja pas lg murah, ato pake cees-an. hemat beb. :p

    • Poin 1, 2, dan 3 sangat masuk akal.
      Tapi buat poin 4……MWOYAAAA~~~?! Mas Y juga gak usah diliatin gak papah, gak bakal ilang. :3
      Poin 5.. yah bolehlah. -___-

      Ihh~ enak mah yang IPnya 3,5. ;A;
      ini nembus 3 aja mesti ngesot2..

      ps juga: Wah, maap, laen kali tolong kasih tau ke dosennya kalo ngumumin nilai jangan malem2 kaya gitu. :p

  3. baru ngeh kalu shella jurusannya teknologi pangan. sama kek adikku hehehe…

    jaga kesehatan aja ya cos adekku ampe sakit2an karna keseringan masuk lab en giat blajar untuk mempertahankan IP 3 koma.
    aku bukannya ga mendukung kamu pengen IP tinggi, tapi kalu merusak kesehatan ga ada guna..lum lagi pas kerja IP bukan patokan..
    kuliah en IP jgn dijadiin beban tapi pemacu semangat kita..
    ingat juga orang tua kita,pasti deh makin semangat kuliah en dapat IP yg bagus hehehe *hug en kiss*

    • Wah! kak Vanny nakut2in nihhh~~~ ><
      tapi gak papah ding, kan emang urusanku nanti ama lab dan praktikum *sigh*
      hehe.. arasseoyo~ bukan cuma mau IP tinggi kok, tapi juga praktik kerja yang yang bisa digunain nantinya. :]
      Yups! Selalu inget orang tua dan punya niat baik buat kuliah ini. *HUGS KISSES* THANK YOUUUU~~~ :*

  4. IP saya belom keluar yoo *garuktanah
    Ehem honestly , saya anak ips dan demi apapun saya gak bisa akuntansi wahahaha saya baru mendalami pas kuliah. Berhubung saya jurusan manajemen agribisnis. Mau gak mau saya harus bisa akuntansi wahaha alhamdulilah skrang nyantol , mungkin pas jaman sma aja saya males bngt klo pelajaran akun hahaha hwaiting yoo !

  5. sama banget persoalannya pas aku masuk jurusan yg IPA banget juga. hahaha. tapi emang gak jodoh kali yaa ama IPS . padahal udah milih itu tapi salah narok di pilihan SNMPTN. ckckck
    sempet ikut SNMPTN lagi tahun depannya. emang lagi lagi gak jodoh tetep mendem disitu.
    cepet ngeluh adalah kerjaan sampai sekarang kalo udah terlalu penat ama bosen dengan jadwal praktikum dan kuliah. *persis

    gak dimana mana bidang science itu emang ngais ngais IP😦 .

    cuma bisa bilang. nikmatin aja proses yang ada shel, nanti akan ketemu serunya. hihihi
    hwaiting ! jangan lupa minum susu🙂

    • Hmm… mungkin kasusnya sama kali ya.
      masuk disini sama sekali bukan ketidaksengajaan, tapi ya emang syuda diatur sama yang di Atas. :]
      jadi mungkin bakal menikmati seperti yang kakak bilang. ^-^
      dan bener banget, nanti akan ketemu serunya. Terima kasihhh banyaaaaaks~~~ *bow*
      Hwaitiiiing! Susu cokelat dan stroberi jjang~ xD

  6. Hahahah…ngena banget saeng…
    Ane juga gitu dulu pas baru2 masuk FK…yaaah,walo yg diambil juga tetep IPA jg c
    Kemaren udah ketrima farmasi,,trus dihasut *welah* bwt masuk FK,,jadi d nyasar di FK.
    Bulan2 pertama c ok,,udah rada ubanan dikit,mulai deh ngeluh sana ngeluh sini…kemaren mala sempet kya temen2 yg kamu ceritain jg,,pengen pindah jurusan aja,cumaaaaa..pas dipikir2 lagi sayang banget duit + waktu yg udah kepake selama ini..toh,di dunia ini ga ada jalan yg mulus2 aja buat ngeraih sukses..satu hal yg aq tangkep,ngeluh itu cuma bikin kita yg tadinya jalan kaki tanpa beban apa2, jadinya mesti jalan sambil nenteng2 travel bag yg rodanya rusak kemana2..
    Jadinya,sekarang aq lg usaha terus nih buat ga ngeluh lagi..Puji Tuhan masalah nilai ga pernah bikin aq pusing,bagus2 semua *nyombong dikiiit* hehehehe..
    So,tetep semangat yaaa..saat kamu mw usaha + belajar buat ga ngeluh,yakin d Tuhan pasti buka jalan buat kamu..
    Fighting!!!

    • Okeeeehh~ FIGHTING! ><9
      Bener banget, kadang pikiran orang bisa ngeracunin pikiran kita sendiri, makanya kadang jadi ngerasa ada yang bener dari pilihan dan jalan yang uda dikasih sama Tuhan..
      Makasihh banyak buat supportnyaa~! ^-^

  7. semangat unnie!
    ak keingetan pas awal” ak masuk SMA
    ospeknya gila”an >_<
    ditambah gurunya malah ngo gini, "sekolah di sini itu berat. butuh perjuangan. kalau kalian ga kuat mending keluar saja dari sekolah ini"
    -___- mengenaskan.
    ehh.. memang bener susah g ketulungan
    ak jg smpet" mikir jg untuk pindah. tp akhirnya g jadi
    syg bgt lo onn kalo pindah fakultas
    udah byr mahal", ngorbanin jauh dri ortu (onnie ngekos kan?), etc
    pkknya semangat ajah! anggep itu tantangan tersendiri bwt onnie. semakin sulit idup manusia, manusia itu akan semakin kuat kalau ia mau ngehadepinnya, bukan menghindarinya🙂

    P/S: onnie membuatku galau milih jurusan –v

    • Jangan galau2 ah~ xD
      kalo memang ada jurusan yang kamu minati banget, ya itu dikejar aja. Soalnya kalo uda seneng, pasti ntar ngejalaninnya juga gampang, gak ada beban. ^-^
      pertimbangin juga pendapat orang tua, walopun nanti kamu yang ngejalanin, pendapat beliau-beliau itu juga patut dipertimbangkan. Kadang orang tua mikir sampe nanti anaknya bisa kerja, jadi jurusannya harus yang terjamin. .___.
      Kan snmptn undangan juga uda dibuka, pengaturannya pun uda lebih tertata, gak kaya pas jaman onnie, masih gak karuan gara-gara baru pertama kali. -__-
      Tapi insya Allah yang taun ini lebih baik kok, banyak kesempatan yang bisa didapet dari jalur2 kaya gitu.
      Semangaaaaat juga buat kamu yaaaahh~! ^-^9

      • snmptn undangan itu yg ketrima dikit bgt kah persekolah?
        iya jg sih
        ak suka bgt IPA
        tp pny byk kegiatan sdangkan IPA skolahku sibuk g karu”an TT.TT
        makanya galau

      • setau onnie sih yang sekarang itu lebih banyak daya tampung buat undangan, dek.
        tapi kalo dijatah tiap sekolah ya kurang tau. ^^;
        paling gak ya dicoba aja, toh undangan kan berdasar ama rapor, kalo dari semester 1-5 rapornya bagus, insya Allah ada kesempatan. Tergantung sama jurusan yang mau Sonia pilih juga. Yah.. kalo masalah galau, dulu juga sama kok. Tapi ya itu tadi, dicoba aja.🙂
        Kalo memang bukan rejekinya di undangan, masih ada jalur snmptn tulis, kan?
        apalagi Sonia suka IPA, jadi manfaatin aja ilmu IPAnya.😉
        kalo galau sama jurusan, gak ada salahnya tanya-tanya guru, kakak kelas ato orang tua, siapa tau bisa ngebantu ngasih pencerahan (?)
        Semangat semangaaaaatt~ ^-^9

      • ok sip”~
        hehe
        oh ic
        dgrnya sih snmptn undangan dpt.nya murah
        disuruh skolah di luar, tapi klo dptnya murah di sini kan lumayan🙂
        spa tw msuk univ kyk ugm ato UI (ngarep) haha

  8. Woaah jd kamu anak teknologi pangan toh. Itu jurusan impian aku awalnya, tp aku malah terdampar di jurusan kimia syalalaa~~
    Dan alasan buat masuk IPA sama banget sm aku. Lemah hapalan wkwk
    Mgkn awalnya doang yg nyesel, tp klo udah nemuin sesuatu yg menarik di jurusan kita, pasti bakalan betah. Apalg pas bisa dapetin kerjaan yg sesuai sm jurusan kita. Itu rasanya wahh banget.

    Btw aku kurang suka sm omongan mbak2 pembicara itu deh, ngga susyah kok klo mau dpt nilai cuciks di IPA, yg penting bisa manage diri kpn hrs fokus dan deketin tmen yg pinter *smirk kyu* hahahaha

    • Wah kita sama-sama terjebak (?) di lahan per-IPA-an kak (boleh gak sih manggil ‘kak’?)
      Kayanya makin sekarang makin bingung mesti ngapain deh, padahal uda ada susunan jelasnya, penelitian-ngelab terus nyusun skripsip, yudisium, ngantri wisuda (AMIIIINN…), tapi malah gak paham mesti mulai darimana…. ;~;
      Hahaha.. aku uda lupa deh mbaknya itu kaya apa, tapi emang omongannya rada nge-jleb, soalnya kayanya itu fakta… walopun makin kesini sih yang penting uda ngoyo aja insya Allah nilainya menyesuaikan ke-ngoyo-an kita sih. HAHAHAHA

      • Ngga ada yg ngelarang manggil kak kok wkwk
        Yg pasti mulai dr JUDUL SKRIPSI hahahaha
        Aku inget bgt wktu pas thn terakhir, udh hampir nyerah buat lulus 4 thn, karna udh ngajuin ampe 3 kali (bahkan ud nyusun ampe bab 3) tp di tolak melulu sm dp hahahaha. Tp pd akhrny dpt judul yg pas dan bs ngejar temen2 yg udh duluan
        Iyahh betuuul, yg penting kemauan kitanya kok. Klo ud thn2 tue mah, ngga usah mikirin apa kata orng lagi wkwk

      • judul sih suda ada, alhamdulillah juga dapet kemudahan bebas sidang skripsip, cuma mau jalan masuk lab rasanya banyak mikir hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s