Respect from ELF

Ahh.. uda lama ga nulis dan tiba-tiba dalam suasana yang ga enak. Soal DBSK, Homin uda comeback dan dari awal aku uda nyangka bakal banyak kontroversi. Jujur aku bukan Cassie, tapi aku tetep dukung mereka. Gimana pun DBSK-lah yang uda membuka jalan hallyu di Jepang. Mereka juga seniornya keluarga SJ-ku.

Dan masalah tweet Junsu, ato perubahan bio dadakan Jeje di twitter, itu semua sama sekali bukan urusanku. Dan ya, sebagai pendukung, aku cuma bisa mendukung. Karena cuma mereka yang tau apa yang terjadi dan gimana perasaan mereka saat harus beda kubu ama Homin.

Okay, DBSK comeback sekarang. Dan seperti perkiraanku, banyak masalah muncul dari sana. Mulai dari lirik Why [Keep Your Head Down] yang katanya dialamatkan buat JYJ sampe masalah tweet-an Junsu, perubahan bio Jeje, plus tanggepan dari beberapa artis SM.

Nah.. yang terakhir itu yang ga enak. Sungmin ngepost something di CY-nya, dan Shindong ngetweet sesuatu yang mungkin agak kasar. Beberapa puluh jam yang lalu –semalem, tepatnya- ada fanwar di twitter. Apalagi kalo bukan Cassie vs Elf. Cassie ga terima soal tulisan MinDong yang kesannya mojokin JYJ dengan bilang mereka ga tau terima kasih. Masalah laen muncul, Elf juga mungkin ngerasa ga terima idolanya langsung di bash kaya gitu. Padahal selama ini fandom yang aku kagumin karena kedekatannya itu CassiElf.

Sebenernya aku ga tau mesti bela siapa. Di satu sisi aku tau MinDong ga seharusnya memancing keributan dengan tulisan mereka yang pastinya bisa dibaca semua orang. Mungkin bener ada alasan dari mereka, tapi sejauh ini aku ga ngeliat alasan yang membenarkan mereka bilang gitu di ‘tempat umum’ macem CY dan twitter. Ini dari kacamataku yang coba berpikir obyektif.

Tapi di sisi lain, aku tau aku sendiri juga ga berhak ngasih komentar soal hal ini. Karena apa? Karena aku cuma orang luar. Aku bukan orang yang deket ama MinDong, apalagi kenal ama Super Junior ato DBSK *even I wish that so damn hard. Keke~*

Dan aku heran kenapa banyak orang yang berperang demi sebuah hal yang bukan urusannya. Maaf, aku tau fans niatnya hanya ingin membela idola mereka, aku toh juga pasti gitu. Bahkan mungkin aku bisa lebih labil dalam urusan ngebela Super Junior. Tapi kali ini aku cuma sedih, sangat sedih ngeliat beberapa komen panas dari Cassie. *I do not blame them though. -.-v*

Mengungkit soal Hangeng, itu hal yang bikin aku sensitif. Ada yang bilang, “Harusnya mereka (MinDong) urusin aja grup mereka. Hangeng juga hampir sama kaya JYJ tapi Homin ga pernah kan komentar soal itu.”

Jujur itu komentar yang tajem banget buat aku selaku orang yang membaca. Aku ga bisa juga ngelawan kata-kata panas itu karena aku tau dimana posisiku. Aku tau siapa aku. Aku cuma fans yang bisanya mendukung SJ dari jauh. Aku ga minat berantem ama fandom laen, apalagi buat masalah yang sensitif kaya gini. ELF juga pernah ngerasain kehilangan, sama kaya Cassie. So I do not see any reason to fight on them. Tapi aku minta tolong, jangan bashing MinDong, jangan bawa-bawa nama Hangeng, dan jangan memojokkan pihak manapun. Karena yang tadi aku bilang, kita ini orang luar. We do NOT know anything what exactly happen in there.

Dan kalopun ada Cassie yang baca, Elf itu nganggep kalian keluarga juga. Kalo ada orang-orang yang mungkin tersinggung ama ucapan MinDong, kami (ELF) minta maaf. Kita ga tau apa-apa, ga bisa menilai ataupun menarik kesimpulan apapun dari sini. Jadi yang bisa dilakuin ya cuma ini, mendukung mereka. Semua fans juga bakal gitu kan?

Wahh.. maaf postingan ini malah ngalor-kidul ga jelas. Satu-satunya yang jelas cuma perasaanku yang ga karuan pas baca berita itu, ngeliat fanwar di beberapa tempat, dan nulis ini dalam keadaan yang harus dengan kepala dingin. Aku sendiri juga ga mau memancing fanwar lagi.

Respect and Peace,

One of ELF

 

44 thoughts on “Respect from ELF

  1. Like this bgt lah…
    Aku jg minta maaf k cassi n dbsk atas nama sungmin shindong..:(

    tp kalo menurutq,menurutq y…
    Mgkin ini ad hubunganx sama SM..
    Pikir aja,masa d masalah hangeng yg grupx sndri mindong bisa adem ayem nahan omongannya,tp masalah jyj,mindong malah keak gt..
    Mgkin ni taktik SM biar album homin meledak..*mulai suudzon*

    gak tau lah,yg pnting ttp dukung suju+jyj+homin aja..

    • iya kan.. yah, sebenernya satu2nya yang aku pikirin sih cuma bisa minta maaf mewakili mereka. Karna gimanapun pasti ada cassie yg tersinggung.

      Kalo masalah SM ato apapun itu, aku ga begitu mikirin. Maksudku, yaa.. terlepas dari kerjaan SM ato bukan, semuanya toh uda kejadian. Aku juga ga mau ngabis2in tenaga menghujat SM lagi.. Sisa tenagaku cuma bisa buat dukung mereka..🙂

  2. Betul banget…
    Soal Hangeng yang disebut-sebut.. Bikin saia -GengFans- menagis tersedu…*lebay*
    Jujur saya bukan Cassie, lagu DBSK yang saia tau cuma purple line and satu lagi lupa judulnya, dan itupun yang versi jepangnya. Hehe piss…

    Mungkin MinDong lagi khilaf dan lagi galau aja kali ya… Hahahha

    eniwey, terlepas dari semua kontroversi dan fanwar di berbagai tempat, saia selaku E.L.F juga mau ikut minta maaf buat ke khilafan mereka yang meyulut emosi berbagai pihak terutama Cassie..

    Tapi seperti yang dikau bilang shel, E.LF itu cinta damai…

    End of words..
    Jangan membuang energi cuma buat ngebash sesuatu yang bahkan kita sendiri gak tau bener apa ga? Okay…

    Hahaha.. Numpang curhat ya shel…

    • Sebenernya aku selalu ga bisa nerima tiap ada yg ngungkit nama Hangeng dalem hal ini. Buat aku, semua itu nyakitin saat masalah itu dibawa2 disini. Tapi aku juga berusaha ngerti kenapa cassie sampe komen kaya gitu. Pasti berat buat mereka yg uda lama berkutat ama masalah ini. Beberapa taun belakangan ini semuanya terlalu berat buat Cassielf.
      Jadi aku pikir kita ada di kubu yg sama. Pernah ngerasain hal yang sama. Dan ga ada gunanya perang sendiri sementara SJ, DBSK *all five* masih butuh dukungan kita.

      Kenapa aku nulis postingan ini, dan kenapa aku ambil inisiatif buat minta maaf, semuanya karena ada beberapa ELF abal2 yg emang berpikiran dangkal yg bikin perang makin panas. Aku emang bukan kpop lover yg uda lama, tapi seenggaknya aku tau ELF itu bisa berpikir lebih jernih, ga langsung bicara hal buruk soal fandom laen ato malah ngajak perang.

      Bener banget onn. Ga usahlah kita buang keringet buat memperdebatkan hal yang belum pasti. Just show our support well~😀

      Haha.. samaan onn. Aku juga lagi curhat.😄

  3. Mau ikut komen…

    sediiiih sesedih-sedihnya pas tau ada Fanwar kek gini…😦
    sedih liat semuanya ….

    dan yg ditulis sungmin oppa , itu di cyworldnya …
    buat yg salah paham , tolong dibaca sekali lagi kata” min oppa .. awalnya aku shock pas tau oppa nulis ini , tp pas aku baca lagi , intinya min oppa itu “gak mau junsu oppa salah paham dg nunjuk hyungnya sendiri disini yg salah (yunho)…. min oppa gak nyalahin junsu ditulisannya , oppa malah pengen junsu oppa (sahabat sklgs adiknya) recall memori perjuangan mereka dr dulu , buat yg blm tahu , junsu sungmin dan hyuk itu dulu mau debut 1 grup tp gak jadi , junsu masuk dbsk .. jadi bs dibilang semua member dbsk dan suju itu bener” berjuang dr 0 bersama sama ! itu yg pengen diutarain sungmin ! gimana mereka udah kenal bertahun tahun tp gak seharusnya segampang itu juga melupakan sifat dr pribadi masing” … “mimpi mereka dulu buat tampil di tv wlu cm sekali aja” !!!

    ingatkan yunho oppa yg depresi berat krn masalah ini , jd bukan gak mungkin sungmin dan member lain gak tau keadaan yunho oppa , dan aku pikir sungmin oppa nulis ini bukan karena pengen dukung siapa mojokin siapa , tp pengen sahabat”nya ttp saling dukung ! baca tulisan trakirnya min oppa ! harapan agar jyj dukung homin, homin jg dukung jyj … itu saja …

    DBSKSUJU itu 1 ! CASSIEELF juga 1 ! semoga semua masalah ini cepat selesai , kita berdoa aja dan ttp saling dukung ….

    • karena itu aku ga mau begitu mikirin apa alasan sungmin, shindong, boa, ama dancer yg berasa nyindir JYJ. Aku sadar diri kok, aku cuma fans, dan aku ga mau bersikap sok tau dengan langsung ngambil kesimpulan yg seenaknya.

      aku ga tau apa-apa, begitupun juga fans laen. Makanya bakal jaaaauh lebih baik kalo ga ada yang mengartikan sendiri apa arti tweet-an junsu, apa maksud retweet-an boa, si dancer, dan shindong, terus juga ga usah menebak2 kenapa sungmin bikin tulisan kaya gitu. Ada alasan, pasti ada. Tapi daripada mati2an mempertahankan pendapat kita yg belum tentu bener, mendingan diem aja dan tetep ada di belakang mereka. Bukannya fanwar..

      yahh.. kecuali kalo emang ada beberapa pihak yg mau cari keuntungan sendiri dalam perang kaya gini. -.-

      • aku juga ga tau apa-apa tentang Oppadeul Suju…

        dan akupun setuju dengan statementmu kalo lebih baik ga da yang mengartikan sendiri arti dari tweet mereka…. karna yang tau kebenarannya hanya mereka dan Tuhan..

        hanya ngerasa sedih baca komen-komen yang ada di cyworldnya Sungmin Oppa..
        bikin pengen nangis jadinya..😦

        plissss… jangan ngejudge dan ngebashing Oppaku…
        maap ya shel jadi curcol..

      • Totally agree~~~
        Someday pasti akan ada jawaban, dan jawaban itu juga ga harus kita ketahui kan?
        Segala bashing itu ga akan berarti apa2, aku yakin bashing yg sepertinya salah alamat ini bakal bikin MinDong lebih belajar tentang kegiatan ‘curhat’ di tempat umum. Demi mereka, dan demi kita, harusnya mereka bisa ngerti. Mudah2an.
        Karna pihak yg sakit gara2 bashingan itu juga kita, ELF mereka.

        Gapapa.. aku juga curhat kok disini.😀
        Yahh, saling tukar pikiran aja. Paling ga aku tau masih ada ELF yang satu pemikiran ama aku..🙂

  4. fan war happened because of them who don’t know how to manage their attitude.
    if they are really a fan of them (more than that, fans part of them–family) they shouldn’t bashed each other. they should be support their idols instead of blaming each other.

    sia-sia waktu mereka kalau hanya fan war.
    harusnya manfaatin waktu mereka buat dukung idola atau support temen2 sesama fans, bukannya malah saling menyalahkan.
    there might be ‘something’ behind their words/tweets.
    mereka saling kenal bukan 1-2 tahun terakhir ini, more than that.
    jadi ibaratnya apa mungkin mereka menyalahkan saudara mereka sendiri ?
    kedengerannya rancu banget.🙂

    lagian itu yg ngebash2 aku yakin bukan fans sejati. mereka yg bener2 tau cara ‘ngefans’ dan ngerti apa itu ‘respect’ ga bakal saling bash. justru mereka saling support idolanya dan temen sesama fansnya.

    just be positive.
    and pray for the best of them. also us as their fans (family-I mean)
    we are one.
    one melody. Korean pop lovers (?) ^^/

    maap deh kalo kata2nya agak ’emosi’, sok nasehatin dan berbelit2 *halah
    just giving my opinion ^^/
    *feel free to edit or unapprove this dear ^^

      • HA-HA-HA-HA jadi malu saya😄
        *ngumpet blkg kyu :3

        terima kasih terima kasih
        HA–HA–HA–HA~~
        tuhkan jadi ge-er~😄 *dorong shela (?)

    • Hahh.. as usual, some smart comment. Love it, miss Eviliaaa~😀

      kadang malah beberapa ELF abal2 ikutan kepancing buat bikin perang makin panas, and I dont like that. Seriously, some fake ELF just make SJ get worse. I mean, we can more positive thinking bout this problem. Kadang aku setuju beberapa ELF lama yang bilang kalo SJ adalah grup yg gampang dapet fans dan gampang ditinggalin. Tapi belakangan ini ELF abal2 makin banyak. Lebih labil dan nyolot. Dan itulah yg mencoret nama mereka dan kita.

      we’re a family, and family do not blaming each other. Family is supposed to support the another.🙂

      Gapapa, mbak. Aku juga uda berusaha keras buat nulis ini ga pake kata2 yg memprovokasi. Makanya disini aku sisipin permintaan maaf buat Cassie dari ELF, mewakili MinDong lahh.😀
      Thanks for share ur own thinking here. It’s glad to know we’re still family.. ^^

      • setuju saya. banyak ababil (saya termsuk ga yah😄 -> berasa masih abg)
        skrg tuh gampang buat mereka yg baru sekali-dua kali liat boyband dan hanya sekedar tau~ trus dg gampangnya mereka bilang mereka menyandang predikat fans itu.
        pdhal jujur nih, saia saja masih merasa saia msh blum bisa dikatain ELF~
        entah mereka2 ngerti apa makna dari tiap sebutan/fandom itu.
        bukan sekedar penanda alias identitas, tapi itu mencerminkan mereka, dan semua attitude mereka berpengaruh ke idolanya.
        ya contohnya fan war ini..
        kan yg rugi idolsnya juga..
        mereka jadi di cap buruk hanya karna fansnya ga bisa berattitude dg baik

        *tuh kan bacot lagi😄

        iya dong~ we’re family \m/ *emut shela😄

        kemaren sempet ikutan galau sih gr2 tuh berita.
        sibuk nenangin sobat saia yg notabene cassie sejati *sigh
        dan those words *nunjuk diatas* itu kata2 dia juga🙂
        she believe that dongie, minnie, and boa unni won’t do that.
        jadi ibaratnya even cassie pun positive thinking so kita, adek2 serta bini2nya😄
        so pasti bisa positif thinking ama mereka dan sesama sodara kita, cassies~

        hedeh..
        saya banyak bacot eui~ malam ini, ngelantur -___-
        maklumilah (_ _) gomawo~

      • ho’oh, dengan satu kali liat tampang, MV, lagu bagus, mereka bisa langsung menyebut diri mereka fans. Sebenernya aku juga ga bisa disebut ELF yang baik. Walopun jujur aja, aku cuma menyandang satu fandom. Just ELF for them.
        aku ga ngelarang mereka masuk ke banyak fandom dg gampangnya, tapi yang aku minta ya cma itu, jaga omongan dan sikap. Karena tanpa mereka sadari, kelakuan mereka yg gampang panas itu membuat nama idolanya jelek di mata fandom lain.

        aku sendiri galau karna temenku juga seperti nyalahin MinDong, dan ga ada yg bisa aku lakuin selain minta maaf.
        yahh.. mudah2an semua cassie juga bisa ngerti dan memaklumi keadaan yg lagi keruh ini. ><
        be positive~~~😀

        hahaha.. gapapa, mbak. Feel free for comment~ ga disuruh bayar kok.😄

    • wowoohoo…
      cho beraksi~ sabar cho, itu cuma sebagian orang yang gak tau gimana mereka bicara sembarangan… yang terpenting masih banyak kq cassie & elf yang berpikir positif… *termasuk kita*
      hahhahaha~
      tetep kasih support dh buat mereka *walaupun aku sebenernya juga gak tau apa-apa* hehhehe~

  5. Ternyata di sini juga dibahas
    Jujur aja, aku Cassie. N biasku Yoochun.
    Terus waktu tau ada berita ga enak,langsung nyari, and marah2 sama HoMin..
    Apa maksud mereka di Thanks To?
    Bukannya aku ga cinta HoMin..tapi bisa kah kalo mereka juga menghargai hyungnya?
    N aku ucapin selamat n terimakasih byk buat HoMin,
    Karena mereka lah, aku lebih milih JYJ.
    Karena HoMin sendiri yg buat Cassie ninggalin mereka..
    JYJ ga ada agensi sekarang,dilarang tampil di negara sendiri,di abaikan sama sahabatnya (eunhyuk), terus sekarang siapa lagi yg bisa dijadiin sandaran sama JYJ kalo bukan Cassie?
    HoMin enak, ada agensinya, ada yg dukung..
    Kalo JYJ, benar2 dari keringat mereka sendiri..
    Aduh,, benar2 galau kalo udh nyangkut hal ini
    Mian buat semuanya,, tapi aku sebagai CassiElf udah say good bye to HoMin..
    Anyway, nama fans buat new TVXQ apa? Katanya SM buat aturan baru untuk Cassie..

    • sorry nimbrung…hehehe…
      ak ga setuju dengan kata2 di abaikan sama sahabatnya (eunhyuk)…pernahkah qt tahu hubungan mereka sebenernya?? emang hyuk ga perneh mention hyuk di depan umum,,bahkan dia g folbek junsu,,tp qt ga tau hubungan mereka di balik itu kan?

    • Yahh.. sebelomnya makasih uda mau share tentang pemikiranmu, I appreciate that.
      Mungkin bener, semuanya jdi sulit buat JYJ, ditambah comebacknya Homin. Cassie juga pasti berat banget, seolah mereka dipaksa memilih. Tapi aku yakin kok, cassie sejati pasti bisa support keduanya, tanpa harus memihak, tanpa harus memojokkan, dan tanpa harus mencaci yg lain.🙂

      Dan buat komen soal unyuk yg ‘mengabaikan’ sahabatnya, jujur aku agak tersinggung. Bukannya karna aku biasnya unyuk, tapi karna aku pernah tau gimana deketnya unyuk ama junsu. Pasti masih inget kan kalo pas di youngstreet jaman SJ baru2nya ngeluarin 4jib unyuk disuruh sms ke temennya, dan yg dia sms cuma junsu. Itu pas masalah DBSK masih belum kelar samsek.
      Jadi kalo bisa aku bilang, he has nothing but junsu. Kalo masalah twitter, ga ada artis SM yg kayanya bisa bergaul bebas ama JYJ. It make sense. doesn’t it?🙂

  6. *sigh* lagi2 harus ribut…

    capek juga liat kerusuhan d twitter dan comment2 blog yg smw memojokkan umin ma shindong..
    mungkin benar…sebagai fans kita tlll ikut campur..dg kita ribut,,bukankah tambah memperkeruh masalah?? saling menyalahkan satu sama lain dan meras masing2 benar…

    kita tdk tahu keadaan yg sebenarnya dlm SM sendiri…so,, don’t say anything without knowing anything…

    dan,,dg berat hati gw bilang,,knp cassie g nyadar klo tulisan itu bisa jg mengarah ke hangeng?? *nangis* T___T

    bersyukur hangeng di china,,jd ga terjamah sama SM…T___T

    • iyaa, sesuatu yg harusnya bisa kita lakuin sebagai fans ya cuma melihat semua ini se-obyektif mungkin. Seperti yg aku bilang, kita-lah orang luar itu. Sebenernya aku ga ngelarang beberapa orang berpendapat, tapi lebih baik pendapat itu ga usah dijadiin bahan perdebatan sebelum kebenaran itu ada.

      hangeng.. satu nama yang selalu bikin aku sensitif. Ahh.. i miss him damn much.😦
      mungkin karna hangeng milih kembali ke cina dia jadi lebih bahagia. Tapi JYJ, mereka ga bisa kemana2 karna korsel negaranya..
      Yahh.. wish for the best. Thanks for share~😀

  7. OMG~ rasanya klo bc tulisan ini jd gimana gtu eonn…
    memang skrg bnyk yg ngaku” fans, tpi trnyata cma sehari 2 hari, abis itu udh…
    tpi rasanya kok agak ngga sreg sma ide” bashing itu, lha wong kita kan critanya hanya org luar, tpi kok ikut campur??
    buat cassie n elf.. yah kita semua kan saodara… mendingan kita dukung aja mereka, tinggal bntu doa ma support, toh mereka juga butuh banget sama yang satu itu, bukan hubungan mereka tambah dipanas”in…
    Nyesek juga sih, karena lagi” nyangkut Hangeng.. T.T
    tpi kebanyakan disini beruntung kan? setidaknya punya temen yg sama” nyandang nama ELF, ato Cassie. q ngga, dn rasanya smua ini cma bisa dipendem sndiri, nggak ada yg jd temen curhat… (sorry nih saya jd ngotorin blog..)

    • Iya. makanya disini onnie terangin, kita cuma fans. Ga ada yg bisa kita lakuin kecuali ngedukung idola kita, bukan dengn cara bashing2 dan bikin fanwar.
      Nyesek banget, soalnya kan berasa buka luka lama yg belon kering *apasih bahasanya*
      Sama kali, dek. Onnie juga ga ada tempat berbagi kecuali disini, di rumah onnie ini onnie bisa ketemu banyak temen, ELF, Cassie ato fandom lain. Kalo di dunia nyata mah boro2.😄
      Gapapa, kita disini semua kan temen.🙂
      Makasih uda sharing yaa~😀

  8. fiuuuhh..pdhal dulu cassie-elf tu fand0m pling akur..k0k krg jd gini ya..

    Biasku di dbsk yunho..jd jujur aja wktu why(keep your head down) keluar aku antusias bgt..
    Tp dulu..wktu jyj ngluarin album pun aku gk klah antusiasnya..
    Dan dlm hal ini aku gk mihak jyj atopun homin..
    Bisakah dua kubu itu juga dianggap k0rban?
    Kita gk tau apa yg mreka rsakan saat ini..

    Dan untuk msalah mind0ng..n0 c0mment..
    Kepalaku pnas bgt wktu bnyk cassie m0jokin mreka..
    Oke.walopun mreka bs dianggap slah..tp tdk sharusnya ngungkit2 mslah han buat mj0kin mreka n elf..

    Huwaaah….walopun aku hanya seorang fans..tp hatiku ikut2an panas..
    Aku elf..tp aku jg cassie..
    Bilang aku maruk krn suka dua2nya..
    Tp aku gk pduli..aku ttap akan bilang aku suka dua2nya..

    Mudah2an smw bs cpat slese..
    Aku stuju..kita hanya org luar..jd st0p perang..huhu..

    • Yahh.. dua2nya ga bisa kita salahin dan ga bisa kita dkung salah satu. Jadi pilihan satu2nya ya cuma dukung dua2nya. Entah ya buat cassie abal2, tapi setauku, semua cassie yg aku kenal itu pasti bisa ngejaga cinta mereka buat DBSK, bukan dbsk Homin ato dbsk JYJ, just DBSK the all five.

      Gapapa suka dua2nya, ga ada yg salah kok onn ama status Cassielf, toh mereka kan tetep satu. Kita sodara.🙂
      Semua yg terjadi di balik semua ini ga ada yg tau, kecuali mereka dan Tuhan. Mudah2an semuanya berakhir baik buat smua pihak.
      Thanks for sharing onn~😀

  9. Nggak tau mau comment apa, emang ‘kejadian’ kuah gini bisa micu fanwar lagi
    Apalagi bawa bawa Hangeng Gege, itu sensitif baget ( ; ; )
    Pokoknya nggak mau SuJu ikut ikutan kayak gini lagi (´・_・`)
    Kan SuJu cinta damai o(^▽^)o

  10. gak tahu sih sebenarnya mau komen apa…pas ada ribut2 antara kubu homin ma JYJ jujur aku biasa aja,,maklum aku bukan cassie,,aku hanya menikmati musik2 mereka saja,,tapi pas malam itu lagi buka twit langsung disambut dengan news yang gak enakin,,tentang twit shindong dan isi CY nya umin…sedikit shock sih,,,mau komen tapi serba salah…yaudah aku mah milih diam aja dan out dari twit, daripda buka TL tapi isinya gak enakin semua ><

    yah semoga yang ditulis umin ma shindong itu bukan ditujukan buat anak2 JYJ dan homin…aku sih berharap mudah2an itu semua hanya kesalahpahaman semata aja diantara para fans….

    • Sama sihh onn, aku cuma ELF, tapi masalah ini uda bawa nama MinDong, dan aku cuma ga mau mereka di bashing, apalagi sampe bawa masalah han lagi disini. Itu nyesekin onn. ;___;
      Amin, amin. Semoga ini cuma misunderstanding aja. Mudah2an semuanya bisa baik lagi.
      Thanks for sharing onn~😀

  11. bingung juga mau ngomentarin apa.. soalnya aq cassieELF dan ya jujur sih ngeliat berita ini kmrn2 cukup bikin shock *halah* tapi aq tetep percaya lah seorang lee sungmin ga mungkin punya maksud jelek sama saudaranya sendiri. seperti yang dirimu bilang juga yaa qta ga tau kan apa yang ada di pikiran oppadeul..
    kenapa cassie marah, mungkin karena keadaan dbsk yang sekarang udah cukup bikin sedih, makanya pas liat berita ini, kesedihan itu malah terlampiskan nya ke emosi yang susah di kontrol.
    aq pribadi sih, milih percaya klo semua pihak tidak punya maksud buruk pada pihak yang lainnya *beribet ni omongan -.-v* dan kayaknya jauh lebih baik buat seorang fans kayak kita ini untuk memberikan support buat mereka ketimbang saling bashing sana-sini kan😉 toh, itu yang mereka2 butuhkan saat ini. ngeliat fans2 mereka yang saling serang kayak gini, bukannya bikin seneng mereka tapi yang ada justru malah nyakitin mereka..😥

    • Aku juga mikir gitu onn, pasti berat buat Cassie.. Pernah dulu aku sampe ngebayangin gimana perasaannya cassie, tepat sebelum ada kasus han. Dan rasanya ga enak banget. Berat banget buat memihak salah satu, jadi aku pikir ga akan ada DBSK homin, DBSK JYJ ato apapun itu, aku percaya kok Cassie tetep nganggep DNSK itu satu, ya yang all five doang. Ga kepecah.
      Yahh.. berharap aja semua orang itu cuma mengutarakan pendapatnya, tapi mungkin tempatnya aja yang salah.
      Keep supporting them ajaa~😀
      Thanks for sharing, onn..🙂

      • iyaaa,,, setuju beribu sujuuuuu (?) dbsk itu tetep satu ga peduli apa yg terjadi.. ><
        aq sih jujur emang ngerasa sesek bgt liat dbsk yg sekarang.. suju aja yg member-nya 10 udah ngerasa sepiiiii bgt~ apalagi mereka yg sekarang cuma tampil ber-dua dan ber-tiga… *crying* *nyolong sapu tangan kunyuk* *ditabok shela*

      • Tadi aku typo.😄

        Iyaah, pas baca berita JYJ, kasian ama mereka, pas gantian artikelnya homin, ga tega juga ama mereka. Bingung. Aku aja bingung, apalagi cassie?😦
        Huweee~ onnie, unyuk itu ga punya sapu tangan, dia biasanya bawa anduk. *lho?*

      • yaaa.. cassie bingung, JYJ ama HoMin bingung.. jadi bingung berjamaah deh qta (?)
        makanya aq tutup mata ttg pemberitaan dbsk.. ga berani update apa2.. kecuali ttg lagu2 ama perf mereka.. *fangirl labil ==a*
        yaudah deh klo gda sapu tangan aq nyolong sapu lidi kunyuk aja.. *heeeeh??*

      • Aku sih ga tutup mata, cuma sekedar baca, sekedar peduli, tapi ga mau banyak menduga. Tar salah2 malah bikin fanwar lagi onn. ><
        Kunyuk ga bawa sapu lidi, dia bawanya sapu ijuk, mau? *mulai ga nyambung*

  12. Gue baru nemu tulisan ini T.T
    gue ELF dari tahun 2005 *gak nanya*
    gue sedih banget sumpah adanya fanwar cassieelf . Dan jujur aja *curhat lagi* gara2 itu gue jadi stop tweeting dan OL buat beberapa hari saking shocknya .
    Selama ini CASSIE DAN ELF itu bersahabat baik . Dan selama ini juga gak pernah adanya fanwar .
    Ditambah lagi dengan persahabatan si monyet dan lumba2. Semua member suju dan dbsk udah bersahabat dr sebelum mereka debut. Jadi gak ada alasan buat fanwar .
    Dan gue juga setuju ama tulisan lo, maksud sungmin juga ada benarnya. Sungmin dan member dbsk itu deket banget dari sebelum debut. Dia juga pasti sedih ama mslah yg dihadapin jyj homin. Bayangin aja, temen satu perjuangan yg udah ngalamin susah seneng sama2 ampe rebutan makanan kini malah berpisah. Sungmin mgkn brmaksud untuk mengingatkan junsu dan JY “ingatlah KAMI disini yg berjuang dengan kalian dr awal.” dan jika dilihat dr sisi lain, itu tulisan menunjukkan rasa kekecewaan dan kesedihan sungmin oppa yg kehilangan teman seperjuangan. Bukan krn mau ngeBASH JYJ.

    Dan yg lebih sedihnya lagi, di fancafe pun byk yg ngeBASH uri oppadeul.

    Gue juga sempet ngomong ama beberapa cassie yg lama tentang masalah ini, mereka bilang kalo yg suka marah2 gak jelas di twitter ato dimanapun itu bukan the real cassie. Mereka yg the real cassie gak akan ngeBASH oppadeul, apalagi ampe nyiptain fanwar . Dan bahkan cassie lama itu jg minta ma para ELF yg lama agar memendam emosi para ELF dadakan agar gak menyulut api lagi . Karena memang ELF lama gak akan pernah mau fanwar .

    ASTAGA *nongak keatas* itu kok malah ngalur ngidul sih?
    INTINYA, YANG NYIPTAIN FANWAR ITU CASSIEELF DADAKAN dan juga campur tangan para ANTIS yang ngaku CASSIE dan ELF !!

    Buat ELF yang baru, please jangan jadi ELF ababil🙂

    • hebaaat~ dari 2005? Hebaaaat..😀
      aku baru 2009, dan belon ada niat menyandang fandom laen selaen ELF. *bangga*

      yahh.. seperti kataku, Cassie ama ELF itu fandom yang paling aku kagumin karna rasa persaudaraannya, sama kaya SJ-dbsk, mereka deeeket banget. Dan ga ada gunanya fanwar gara2 masalah yg sama sekali belon ada kejelasan. That’s useless..🙂

      yup, jangan jadi ELF labil+ababil yg ga bisa berpikiran dingin. Thanks for share, anyway~😀

  13. siapa pun yang bikin thread ini, love yaa~~ ♥♥♥ kekeke
    setuju banget loh sama kamu🙂 rasanya thread kamu itu semua yang mau aku omongin ke cassie
    aku noob elf sih, jadi gatau apa” soal dbsk, atau soal relationship cassielf, tapi jujur sedih banget kalo ngeliat mereka bash ;w; jujur saya gapernah berkutik di tempat yang bisa bikin saya ketemu elf yang ngejelek”in dbsk, jadi kaget juga pas ketemu cassie yang ngejelek”in super junior haha sekarang masih pada suka fanwar ga sih? khawatir jadinya😄
    buat cassie, aku ikutan minta maaf kalo ada bash” dari temen” childish kita, kita bakal terus support kalian kok🙂 diluar sana masih banyak elf yang support cassie, dan bikin thread positive dan netral kayak gini, jadi kalian juga bisa kan bikin thread yang lebih positive kayak gini? ♥

    • ini problem jadul banget, tapi semoga semakin jadul problemnya, semakin damai pula antara dua fandom itu. Hehehe.. gak enak juga kan kalo saling menjatuhkan, mending support oppar masing2 pake cara yang halal (?) daripada bikin fanwar.
      Sekarang kayanya suda adem ayem aja *mudah2an* Semoga tetep demikian. Malu kali kalo terus2an jadi anak kecil di dunia perfandoman, i mean lets growing up together, being mature together. \o/

Leave a Reply

